Asam Perklorat (Perchloric Acid)

Perchloric acid 60 percent.jpg
Contoh Asam Perklorat

Perchloric acidHydroxidotrioxidochlorine
Rumus Struktur Asam Perklorat

Sifat Fisika dan Kimia
Rumus Kimia
HClO4
Berat Molekul100.46 g/mol
WujudCairan tanpa warna
BauTidak berbau
Massa Jenis1.768 g/cm3
Titik Leleh−17 °C (1 °F; 256 K) (azeotrope)
-112 °C (anhidrat)
Titik Didih203 °C (397 °F; 476 K) (azeotrope)
Kelarutan di dalama air
Larut sempurna
Keasaman (pKa)-15.2 (±2.0); ≈ −10

Resiko :
1. Oksidator
2. Korosif
3. Berpotensi membentuk campuran yang dapat meledak

Asam perklorat adalah asam mineral dengan rumus kimia HClO4. Selalu didapatkan dalam wujud larutan dengan pelarut air, senyawa tanpa air ini lebih kuat dari pada asam sulfat dan asam nitrat. Saat panas, senyawa ini adalah oksidator yang sangat kuat, namun pada suhu ruang relatif aman, selain sifat asam kuat dan oksidatornya. Asam perklorat digunakan untuk membuat asam perklorat, khususnya ammonium perklorat, komponen yang sangat penting dalam pembuatan bahan bakar roket.

Asam perklorat dapat dibuat dengan mereaksikan barium perklorat dengan asam sulfat. Selain itu juga dapat dibuat dengan mereaksikan asam nitrat dengan ammonium perklorat dengan penambahan asam klorida pada saat mendidih.

Asam perklorat anhidrat adalah cairan berminyak tidak stabil pada suhu ruang. Sekurangnya, senyawa ini terikat dengan 5 molekul air. Adapun asam perklorat komersial yang stabil memiliki konsentrasi 72.5 %. Apabila terkena kontak dengan udara terbuka, asam perklorat pekat akan menyerap air dari udara.

Karena sifat oksidatornya yang sangat kuat, penggunaan asam perklorat diatur dengan regulasi yang sangat ketat. Senyawa ini bereaksi sangat kuat dengan logam (mis. aluminium) dan senyawa organik (mis. plastik dan kayu). Pada 20 Februari 1947, 17 orang tewas di Los Angeles Kalifornia ketika sebuah wadah yang memuat 1000 liter larutan asam perklorat 75 % dan asam asetat anhidrat 25 % meledak.  Wadah itu dilapisi dengan aluminium. Selain itu, rak besi juga diganti dengan rak yang dilapisi selulosa asetobutirat. Beberapa menit kemudian, wadah itu meledak.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Perchloric_acid

Pembuatan Larutan :
Cara Membuat Larutan Asam Perklorat 20 %




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akuades Bebas CO2

Cara Membuat Larutan AMONIUM HIDROKSIDA (NH4OH) 3 M

FeCl3 10 %